Layanan Prima Melalui Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan III Tahun 2025
Indonesia Digital Test House (IDTH) terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga sekaligus meningkatkan mutu layanan melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Survei ini menjadi tolok ukur penting untuk menilai seberapa optimal layanan pengujian dan kalibrasi perangkat telekomunikasi yang diberikan, serta menjadi dasar perbaikan berkelanjutan agar semakin sesuai dengan kebutuhan dan harapan aplikan.
Hasil survei periode Juli – September 2025 yang melibatkan 165 responden menunjukkan capaian yang membanggakan dimana Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 3,88 dari 4. Angka ini masuk dalam kategori A (Sangat Baik). Aspek dengan skor tertinggi ada pada pengaduan, saran, dan masukan, diikuti oleh perilaku petugas, serta kompetensi petugas dan produk hasil layanan. Adapun aspek sarana dan prasarana, prosedur layanan, dan waktu penyelesaian layanan menjadi fokus peningkatan berikutnya agar kualitas pelayanan semakin optimal.
Sejumlah responden juga menyampaikan masukan positif, antara lain harapan agar waktu penyelesaian layanan dapat dipercepat dan sistem administrasi dibuat semakin efisien serta ramah pengguna.
Menanggapi hasil tersebut, IDTH berkomitmen melakukan tindak lanjut nyata mulai dari meninjau kembali tarif layanan agar lebih terjangkau, hingga mempercepat proses pelayanan. Evaluasi rutin seperti ini menjadi bagian penting dalam menjaga profesionalisme dan standar tinggi IDTH dalam pengujian perangkat telekomunikasi, sekaligus memperkuat daya saing nasional.
Melalui pendekatan survei yang menyeluruh dan partisipasi aktif masyarakat, IDTH tidak hanya berfokus pada peningkatan mutu layanan, tetapi juga menegaskan komitmen terhadap transparansi dan akuntabilitas publik demi terwujudnya kepuasan serta perlindungan terbaik bagi pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia.
Author: Naila Widhyadari
Editor: Aditiya Givari A