Pelatihan SNI ISO/IEC 17025:2017

Pada hari Selasa sampai dengan Rabu 17-18 Mei 2022 telah terselenggara pelatihan ISO/IEC 17025:2017 di satuan kerja Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi. Acara yang dihelat di Jakarta tepatnya di gedung Wisma Antara lantai 4 itu dimaksudkan guna meningkatkan mutu pelayanan pengujian dan kalibrasi di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) serta terselenggaranya pelayanan pengujian dan kalibrasi yang inovatif.

Pelatihan yang diisi langsung oleh Ibu Ir. Untari Pudjiastuti selaku Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN) tersebut dihadiri oleh 50 orang pegawai Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT). Dalam pelatihan tersebut Ibu Ir. Untari Pudjiastuti memaparkan secara mendetail apa itu ISO/IEC 17025: 2017 dan kandungannya secara utuh. Dalam salah satu bagian pemaparannya beliau menyampaikan bahwa "ISO/IEC 17025: 2017 merupakan standar akreditasi yang sudah diakui dunia dan mendapat pengakuan secara formal untuk kompetensi sebuah laboratorium pengujian dan kalibrasi". Sehingga dari sini penting untuk BBPPT selaku balai uji menerapkan ISO/IEC 17025: 2017 ini dalam menjalankan cakupan kerjanya.

Konsep utama penerapan ISO/IEC 17025: 2017 ini menggunakan 3 (tiga) pendekatan utama. Yakni pendekatan proses yang berkaitan dengan serangkaian kegiatan yang memiliki nilai tambah yang saling terhubung satu sama lain untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output) barang atau jasa. Kemudian yang kedua pendekatan berfikir berbasis risiko, dimana resiko yang dimaksud ini adalah pengaruh ketidakpastian yang mengelilingi proses untuk mencapai suatu hasil. Dan yang ketiga pendekatan peningkatan berkelanjutan berbasis PDCA (Plan, Do, Act and Check).

ISO/IEC 17025: 2017 dalam struktur dokumennya memiliki 8 klausul, yaitu:

  1. Klausul 1. Ruang Lingkup
  2. Klausul 2. Referensi Normatif
  3. Klausul 3. Istilah dan Definisi
  4. Klausul 4. Persyaratan Umum
  5. Klausul 5. Persyaratan Struktural
  6. Klausul 6. Persyaratan Sumber Daya
  7. Klausul 7. Persyaratan Proses
  8. Klausul 8. Persyaratan Sistem Manajemen

Sedangkan hierarki dokumen sistem mutu dari ISO/IEC 17025: 2017 mencakup 4 level, yakni:

  1. Dokumen Level 1: PM (Panduan Mutu) berisi kebijakan, tujuan, komitmen
  2. Dokumen Level 2: PK (Prosedur Kerja) berisi pelaksanaan rangkaian kegiatan
  3. Dokumen Level 3: IK (Instruksi Kerja) berisi kegiatan secara rinci dan spesifikasi
  4. Dokumen Level 4: FR (Format Rekaman) berisi tentang formulir rekaman kegiatan

Dalam pelaksanaan training ISO/IEC 17025: 2017 ini skema training yang Ibu Ir. Untari Pudjiastuti bawakan tidak hanya berlangsung 1 (satu) arah saja, melainkan beliau juga membuka pertanyaan kepada peserta training. Tidak sedikit peserta yang antusias menanyakan beberapa hal terkait dengan ISO/IEC 17025: 2017. Adhistya Ratnasari salah satu peserta training tersebut dalam pertanyaannya "Dalam pemantauan kompetensi personel, dilakukan evaluasi. Bagaimana jika hasil evaluasi ditemukan penurunan kompetensi dari personel?". Kemudian Ibu. Ir Untari Pudjiastuti menjawab "Ada prosedur yang berlaku di tempat tersebut. Bisa juga dikembalikan lagi ke kepegawaian, misalnya kembali mengikuti OJT atau training kembali"

Dalam implementasinya ISO/IEC 17025: 2017 ini harus menjadi pegangan mutlak seluruh pegawai dalam menjalankan tugasnya di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) karena ISO/IEC 17025: 2017 ini menjadi acuan untuk mencapai standar kompetensi sebuah laboratorium pengujian dan kalibrasi yang diakui secara Internasional.