Forum Diskusi Peningkatan Pelayanan Pengujian Perangkat Telekomunikasi

Forum Diskusi Peningkatan Pelayanan Pengujian Perangkat Telekomunikasi


Bogor-Rabu 5 Juli 2023 dilaksanakan Forum Diskusi Peningkatan Pelayanan Pengujian Perangkat Telekomunikasi. Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Syaharuddin.

Dalam sambutannya, Syaharuddin nyampaikan peran penting BBPPT dalam menjaga peredaran perangkat telekomunikasi yang masuk ke Indonesia sesuai standar yang berlaku, dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap keamanan, kesehatan dan keselamatan dalam penggunaan perangkat telekomunikasi.  Selain itu Syaharudin juga menyampaikan beroperasinya Laboratorium di Tapos-Depok yang telah dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai sehingga diharapkan kedepannya BBPPT dapat menjadi laboratorium rujukan bertaraf internasional.

Forum diskusi kali ini diawali dengan penyampaian hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2023 yang diselenggarakan bersama dengan lembaga survei independen, dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 3,79 atau termasuk dalam kategori 'Sangat Baik'. Selain itu, terdapat pemaparan hasil SKM secara mandiri untuk triwulan I dan II tahun 2023, dengan nilai IKM masing-masing 3,6 dan 3,66 atau termasuk dalam kategori 'Sangat Baik'.

Berdasarkan hasil survei, terdapat beberapa unsur pelayanan yang perlu ditingkatkan. Terdapat beberapa proses inovasi yang akan segera ditetapkan melalui tindak lanjut seperti percepatan masa pengujian untuk beberapa fitur, penyesuaian format lampiran dokumen persyaratan permohonan pengujian, perubahan prosedur serah terima barang uji dengan menggunakan tanda terima tanpa meterai, serta pengembangan dan integrasi sistem informasi pengujian yang akan memberikan kemudahan pembayaran yang melibatkan  perbankan atau opsi pembayaran lainnya.

Tidak hanya BBPPT saja menyampaikan perbaikan-perbaikan pelayanan pengujian, namun dari pihak aplikan juga memberikan masukan seperti permintaan perpanjangan masa berlaku sertifikat pengujian, notifikasi progress pengujian melalui WhatsApp, perlu adanya tanda alur pelayanan di area-area pelayanan BBPPT dan beberapa masukan yang bersifat teknis pengujian.